PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR

  • Leonardo Damanik
Keywords: TTW, gambar seri, menulis puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMA N 1 Pematangsiantar melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pematangsiantar, yang berjumlah 14 orang. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes menulis puisi. Data dianalisis untuk menghitung mean dan persentase mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata keterampilan menulis puisi siswa secara klasikal, yaitu dari pra siklus sebesar 62,64% (kategori rendah) menjadi 76,42% (kategori sedang) pada siklus I dan meningkat menjadi 82,14% (kategori tinggi) pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 19,50% dari pra siklus hingga siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Pematangsiantar, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2017/2018

Published
2017-09-23