Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Unit Sipispis

  • Adrian K Tarigan Universitas Efarina
  • Diana F Butar-Butar Universitas Efarina
  • Ben Setiawan Barus Universitas Efarina
  • Riduan Siagian Ranny Juwita Universitas Efarina
  • Cindy Topatmawati Sitinjak Universitas Efarina
Keywords: bank, kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, deskriptif

Abstract

PT. Bank Rakyat Indonesia unit Sipisis merupakan salah satu bank yang beroperasi diantara
sekian banyak bank yang ada di daerah Sipispis. Tingkat persaingan yang semakin tinggi
antar bank (local competition) untuk merebut nasabah di wilayah Sipispis terjadi dengan
bank-bank lain yang semakin banyak bermunculan untuk memperebutkan pasar atau
nasabah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank BRI unit Sipispis. Penelitian ini menggunakan
tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan
penulis menggunakan kuesioner dengan sampel 70 orang dimana respondennya adalah
nasabah Bank Rakyat Indonesia unit Sipispis. Berdasarkan Uji-t (Uji Signifikan Parsial),
karakteristik kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
nasabah Bank BRI unit Sipsipis. Mayoritas responden sudah puas dengan pelayanan yang
diberikan oleh Bank BRI Unit Sipispis melalui jawaban yang mereka berikan pada kuesioner
yang sudah dibagikan.

References

[1] Irawan, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

[2] Martul, shadiqqin, 2004. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen, Penerbit
Sinar Grafika, Jakarta.

[3] Ratminto dan atik Winarsih, 2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka pelajar : Yogyakarta.

[4] Umar Husein, 2003. Perilaku Konsumen Jasa, Penerbit Ghalia

[5] Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, cetakan pertama,
Penerbit Alfabeta, Bandung.

[6] Ariani, D. Wahyu, 2009,Manajemen Operasi Jasa Edisi Pertama,Yogyakarta : Graha Ilmu.

[7] Yamit, Z. (2011). Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas
Ekonomi UII.
Published
2022-06-15
How to Cite
Tarigan, A. K., Butar-Butar, D. F., Barus, B. S., Ranny Juwita, R. S., & Sitinjak, C. T. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Unit Sipispis. Jurnal Manajemen Unefa, 1(1), 15-20. Retrieved from https://jurnal.univefarina.ac.id/index.php/jmanaj/article/view/128